Soal Uji Kompetensi CASN v.0.1

Table of Contents

Soal latihan ini terdiri 3 bagian:
  1. Kompetensi Teknis (no. 1 s.d 40)
  2. Kompetensi Manajerial (no. 41 s.d 80)
  3. Kompetensi Sosio Kultural (no. 81 s.d 90)

Media pembelajaran yang cocok untuk menjelaskan materi tentang Kenarok dan Kendedes adalah ….



Pemberian Umpan balik jika siswa heterogen adalah….



Pemberian Umpan balik kepada peserta didik penting dilakukan meningkatkan keberhasilan, memperbaiki kesalahan, membantu untuk mengungkap kesalahpahaman, menyarankan perbaikan tertentu, jenis umpan balik jika siswa homogen adalah….



Pengamatan Pertumbuhan pohon singkong merupakan penilaian....



Menyanyikan lagu indonesia raya merupakan penilaian ....



Membuat anyaman merupakan penilaian….



Siswa membuat laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian ....



Siswa menyajikan laporan hasil pengamatan proses fotosintesis termasuk penilaian ....



Siswa diminta mengamati proses fotosintesis termasuk penilaian....



Dalam pembelajaran di kelas anda terdapat 2 siswa anda yang berkebutuhan khusus, pembelajaran apa yang tepat dilakukan dalam menghadapi kondisi ini….



Jika ingin membangkitkan rasa ingin tau dan gemar membaca maka cara efektif yang akan anda lakukan adalah….



Penilaian harus mampu menelusuri dan melacak kemajuan siswa sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan. Ini prinsip penilaian sebagai....



Penilaian harus mampu mengecek ketercapaian kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran. Ini adalah Prinsip penilaian otentik sebagai....



Guru menguasai bidang keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran adalah kompetensi....



Dalam mengawali pelajarannya, Pak Mamaz Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Langkah tersebut bertujuan untuk mendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya . Langkah yang dilakukan Pak Mamaz Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran….



Dalam mengawali pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran….



Manakah cara yang paling efektif dan bermakna dalam mengkomunikasikan hasil penilaian harian atau capaian sementara kepada siswa dan orangtua?



Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai dengan prinsip ….



Salah satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik adalah ....



Berikut ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan kisi- kisi tes uraian, kecuali ....



Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ....



Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik kutub medan magnet . Komponen tujuan pembelajaran yang kurang dari hal tersebut adalah....



Media yang cocok untuk menggambarkan tentang banjir adalah....



Media yang tepat untuk mengajarkan kebutuhan ekonomi yang melonjak tinggi adalah ....



Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.. Hal ini sesuai dengan prinsip ….



Pak Liman adalah seorang guru olah raga pagi ini dia akan mengadakan penilaian praktik berenang. Prinsip penilaian yang dilakukan adalah ….



Bu Lita adalah seorang guru seni, Hari ini dia ingin menilai kemampuan siswa dalam membuat lukisan, selain hasil lukisan siswa yang di nilai , teknik dalam menggambar, cara menggunakan alat dan perlengkapan dan juga sikap siswa dalam menghargai karya temannya juga menjadi acuan dalam penilaian. Dalam hal ini bu linda telah menerapkan prinsip ….



Pak Beni adalah guru PKn di sekolah “mekar Indah”. Dia tinggal di desa Mangun Harjo. Siska adalah tetangga dari Pak Beni. Setiap pembagian hasil evaluasi siska selalu diberi nilai 85 oleh pak Beni. Sementara Rudi siswa yang paling pintar di kelasnya hanya mendapat 80. Dari kasus di atas artinya Pak Beni tidak melaksanakan prinsip penilaian ….



Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Rendra guru Fisika. Jumlah nomor soal ada 10. Siswa dengan absen ganjil mengerjakan nomor ganjil, siswa dengan nomor absen genap mengerjakan soal nomor genap. Yang dilakukan Pak Rendra tidak sesuai dengan prinsip penilaian….



Hari ini diadakan penilaian harian oleh Pak Bobi guru Bahasa Jawa . Jumlah nomor soal ada 10. Siswa diminta untuk mengerjakan 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan. Siswa bebas memilih 7 nomor soal dari 10 soal yang diberikan pak Bobi. Yang dilakukan Pak Bobi tidak sesuai dengan prinsip penilaian….



Pagi ini penyerahan Raport untuk siswa “SMP Mekar Sari”. Bu Neni adalah Guru Matematika di SMP tersebut. Saat sehabis pembagian raport tiba tiba bu neni di datangi oleh orang tua murid sambal marah marah dan menggerutu karena nilai anaknya jelek padahal menurutnya anaknya adalah siswa yang pintar. Bu neni kemudian menjelaskan teknik prosedur dan hasil pengolahan nilainya dari nilai harian, PTS, dan PAS serta nilai sikap siswa dengan buku catatan penilaian yang lengkap. Dan akhirnya orang tua siswa tersebut dapat mengerti bahwa nilai anaknya memang sesuai dengan fakta. Dengan demikian Bu neni telah melaksanakan prinsip penilaian….



Dalam setiap kali penilaian Pak Joko selalu membuat rubric penilaian yang berisi kriteria penilaian yang mencerminkan kompetensi yang akan dinilai. Hal ini sesuai dengan prinsip penilaian….



Dalam setiap pembelajaran , Pak Candra selalu mengadakan penilaian untuk melihat daya serap siswa terhadap materi yang telah diberikan dalam setiap pembelajaran, hal ini sesuai dengan prinsip penilaian….



Pada awal semester Pak Budi sebagai guru IPA selalu menjelaskan penilaian yang akan dilaksanakan selama satu semester dan penentuan nilai akhir IPA yang akan dijadikan dasar untuk pemberian nilai raport . Hal ini artinya Pak Budi telah menerapkan prinsip penilaian ….



Perhatikan butir soal uraian berikut.

Sebutkan 3 buah sungai di provinsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa!

Butir soal tersebut ….



Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....



Untuk mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang paling tepat digunakan adalah ….



Dengan melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.



Dalam rangka menilai tingkat keberhasilan pembelajaran maka perlu dilakukan penilaian dalam bentuk tes . Didalam penilaian dikenal dengan sitilah tes formatif dan tes sumatif. Perbedaannya adalah...



Seorang peserta didik memprotes skor yang diperoleh pada soal nomor 4 dalam ulangan yang telah dilaksanakan. Menurud siswa tersebut seharusnya mendapat skor 5 akan tetapi guru memberikan skor 3. Guru tersebut menjelaskan pembobotan nilai pada soal tersebut dengan menjelaskan kriteria pensekoran yang terdiri dari 0,1,2,3,4,5. Peserta didik pun mengerti dan menerima skor tersebut. Prinsip penilaian yang diterapkan guru adalah...



Suatu saat Anda diberi tanggung jawab menjadi pemegang uang simpan pinjam di organisasi di mana Anda tinggal. lwan mendatangi Anda untuk mengetahui simpanan uang yang dipunyai oleh Marwis. Hal dilakukan oleh lwan dengan alasan Marwis mempunyai hutang ke lwan dan terkesan tidak mau membayar dengan alasan Tidak mempunyai uang padahal ia sangat membutuhkan uang tersebut untuk membayar uang sekolah anaknya. Jika saya pada kondisi tersebut yang akan saya lakukan dalam menghadapi lwan adalah ....



Menurut Anda pekerjaan yang bertanggung jawab dan Menpunyal integritas adalah orang yang ....



Andi adalah seorang kabag di suatu dinas di Kabupaten Lumbung. Andi dikenal orang yang cukup patuh pada atasan. Suatu hari atasannya yang bernama Yanto pergi ke luar kota untuk urusan dinas yang cukup rahasia. Andi diminta untuk mengawasi pegawai secara ketat. Hal ini ditekankan oleh Yanto karena ia mendapat laporan bahwa banyak karyawan yang sering terlambat datang dan pulang sebelum waklu kerja habis. Yanto juga berpesan agar Andi tidak memberitahukan kepada siapapun kemana ia pergi karena tugas yang diembannya cukup rahasia. Andi menyatakan kesanggupannya untuk mengawasi karyawan dan memegang rahasia tersebut. Pada hari pertama Yanto pergi, Andi menemukan 5 pegawai yang datang terlambat tanpa alasan yang jelas dan 7 orang yang pulang sebelum jam kerja selesai. Pada hari kedua Yanto, datang tamu pejabat penting dari provinsi yang mempunyai urusan penting berkailan dengan tugas, dan harus diselesaikan hari itu juga. la memaksa Andi untuk memberitahu ke mana atasan Andi karena sejak 2 hari terakhir Yanto tidak bisa dihubungi. Jika Anda Andi, tindakan yang Anda ambil dalam menghadapi tamu dari propinsi adalah ....



Andi adalah seorang kabag di suatu dinas di Kabupaten Lumbung. Andi dikenal orang yang cukup patuh pada atasan. Suatu hari atasannya yang bernama Yanto pergi ke luar kota untuk urusan dinas yang cukup rahasia. Andi diminla untuk mengawasi pegawai secara ketat. Hal ini ditekankan oleh Yanto karena ia mendapat laporan bahwa banyak karyawan yang sering terlambat datang dan pulang sebelum waklu kela habs. Yanto juga berpesan agar Andi tidak memberitahukan kepada siapapun kemana ia pergi karena tugas yang diembannya cukup rahasia. Andi menyatakan kesanggupannya untuk mengawasi karyawan dan memegang rahasia tersebut. Pada hari pertanna Yanto pergi, Andi menemukan 5 pegawai yang datang terlambat tanpa alasan yang jelas dan 7 orang yang pulang sebelum jam kerja selesai. Pada hari kedua Yanto, datang tamu pejabat penting dari provinsi yang mempunyai urusan penting berkailan dengan tugas, dan harus diselesaikan hari itu juga. la memaksa Andi untuk memberitahu ke mana atasan Andi karena sejak 2 hari terakhir Yanto tidak bisa dihubungi. Jika Anda Andi, tindakan yang Anda lakukan untuk mengatasi pegawai yang tidak disiplin adalah ...



Ridwan diminta menyimpan dokumen penilaian kinerja seluruh karyawan PT Maju Lancar oleh manajer SDM karena mendadak harus pergi, dengan pesan jangan dibuka karena datanya bersifat rahasia. Tidak ada seorang pun yang tahu bahwa Anda diberi kepercayaan tersebut. Dalam dokumen tersebut memuat data-data tentang pegawai- pegawai yang akan dipromosikan. Ridwan adalah salah satu pegawai yang akan dipromosikan tersebut. Jika Anda sebagai Ridwan, tindakan yang akan Anda lakukan adalah ....



Andang diminta untuk membentuk kelompok kerja dengan tugas yang cukup rahasia. Sebelum bekerja masing-masing anggota menuliskan pakta integritas untuk tidak memberitahukan kepada siapapun. Masing-masing anggota mempunyai tugas yang cukup spesifik namun cara pengerjaannya mempunyai aturan yang sama. Pada waktu tertentu mereka berkumpul untuk memberikan laporan capaian target. Di dalam proses tersebut ada salah satu anggota yang melanggar fakta integritas dengan menceritakan pekerjaannya kepada istrinya yang kebetulan menelpon dan menyatakan pekerjaan yang sedang dilakukan. Jika Anda Andang, hal yang Anda periksa berkaitan dengan hasil kerja adalah ...?



Andang diminta untuk membentuk kelompok kerja dengan tugas yang cukup rahasia. Sebelum bekerja masing-masing anggota menuliskan pakta integritas untuk tidak memberitahukan kepada siapapun. Masing-masing anggota mempunyai tugas yang cukup spesifik namun cara pengerjaannya mempunyai aturan yang sama. Pada waktu tertentu mereka berkumpul untuk memberikan laporan capaian target. Di dalam proses tersebut ada salah satu anggota yang melanggar fakta integritas dengan menceritakan pekerjaannya kepada istrinya yang kebetulan menelpon dan menyatakan pekerjaan yang sedang dilakukan. Tindakan Anda jika Anda Andang dalam menghadapi anggota yang melanggar pakta integritas adalah ....



Jika saya menjadi anggota yang melanggar pakta integritas, maka ketika mendapat teguran biasanya saya....



Secara umum orang yang mengatakan saya orang yang dapat dipercaya karena ...?



Akan ada libur nasional yang jatuh pada hari Selasa. Sudah menjadi kebiasaan umum di sebuah instansi pemerintahan, tempat Irma kerja, untuk melakukan bolos massal di hari Senin dengan alasan hari kejepit nasional. Menurut Anda, yang sebaiknya dilakukan oleh Irma adalah ....



Pilihlah salah satu yang paling sesuai dengan apa yang Anda lakukan saat bekerja adalah ...?



Pilih salah satu pernyataan yang menurut Anda paling bisa menggambarkan diri Anda.



Dalam bekerja, rekan-rekan kerja saya menilai saya sebagai karyawan yang....?



Ketika atasan saya memberikan tugas yang sulit, saya akan ....



Ketika atasan saya memberikan tugas yang sulit, yang saya lakukan adalah....



Ketika menghadapi kegagalan, saya...



Jenis tugas yang paling saya sukai adalah....



Anda akan berangkat mengikuti tes seleksi. Di tengah perjalanan sepeda motor Anda mengalami pecah ban. Untuk menambalkan butuh waktu 10 menit. Pada hal waktu tes tinggal 10 menit lagi. Jarak ke tempat tes masih 2 km. Jika Anda naik angkot juga membutuhkan waktu sekitar 10 menit. Di sekitar Anda tidak ada tukang ojek. Apa yang Anda lakukan ?



Jika saya diberi tugas dan hasilnya nanti untuk menentukan besar bonus yang akan saya terima, maka saya akan ....



Rekan kerja saya menjadi sumber keluhan bagi rekan kerja yang lain akibat cara kerjanya yang lamban. Sebagai temannya, tindakan saya....



Penilaian orang lain terhadap saya ketika ada yang membutuhkan adalah ....



Sebagai seorang abdi negara, saya akan ....



Ketika menghadapi suatu keluhan alau komplain dari pelanggan mengenai pelayanan yang diberikan tempat kerja saya, saya akan ....



Seorang teman Anda yang bertugas di loket pelayanan tiba-tiba pingsan karena kelelahan karena menerima masyarakat yang datang. Anda yang sedang bekerja diminta menggantikan di loket karena menurut penilaian atasan tugas yang Anda kerjakan tenggang waktunya masih lama. Apa yang sebaiknya Anda lakukan ?



Edo tumbuh dalam keluarga yang cukup sukses. Ayahnya seorang professor dari salah satu universitas terkenal sementara ibunya menjadi direktur di salah satu bank pemerintah. Kakak Edo merintis di dunia politik dan sudah mulai dikenal di masyarakat. Adiknya pernah menjadi juara olimpiade Fisika tingkat nasional. Orang tua mengharapkan Edo memiliki prestasi seperti mereka. Sementara Edo saat ini masih kuliah dan merasa prestasinya biasa-biasa saja. Jika Anda Edo tindakan yang akan Anda lakukan adalah ....



Dion adalah ketua kelompok pencinta alam yang baru. Sebetulnya ia belum lama bergabung tetapi karena ia luwes dan mudah bergaul akhimya ia terpilih sebagai ketua. Ternyata setelah jadi ketua, sikapnya menjadi berubah. la cenderung menjadi kaku dan keputusan yang dibuat sulit untuk diubah. Jika Anda menjadi anggota pencinta alam tersebut, tindakan yang Anda lakukan adalah ....



Dalam kaitannya dengan perubahan, secara umum saya dinilai orang lain sebagai orang yang ....



Saya dipindahkan secara mendadak ke unit kerja sistem informasi yang belum pernah saya tekuni selama ini. Yang saya pikirkan adalah ....



Sebagai bagian dari penerapan sistem inforrnasi yang baru, setiap pegawai di kantor saya diminta untuk melakukan update data pribadi secara onfine. Tindakan saya adalah ....



Darto baru saja diterima bekerja di salah satu pabrik pengolahan logam. Sebagai pegawai baru, tentu Darto belum terlalu mengenal jenis-jenis pekerjaan dan cara menyelesaikannya. Suatu malam, tiba-tiba Darto ditugaskan managernya untuk menyelesaikan tugas seorang rekannya yang tiba-tiba memutuskan untuk keluar dan berhenti bekerja. Darto jelas kaget dan kesulitan dengan penugasan itu tapi ia tidak punya pilihan lain selain menjalankan perintah atasan. Apalagi manajer tadi memang memberikan tugas tersebut karena kagum melihat track record Darto sebagai mahasiswa lulusan terbaik. Menurut Anda apa yang harus dilakukan Darto?



Bila jadwal yang biasa Anda lakukan diubah, apa yang akan Anda lakukan?



Atasan Anda hari ini tidak berada di kantor. Teman Anda mengajak Anda untuk bekerja dengan lebih santai. Sikap Anda ....



Jarak dari rumah ke kantor adalah 30 menit dengan bus. Tanpa diketahui sebelumnya, hari ini kendaraan umum melakukan aksi mogok beroperasi. Akibat kejadian tersebut saya ....



Ada pegawai baru yang bersikap tidak sopan terhadap Anda. Sikap Anda adalah....



Jika saya sedang mengantri kemudian ada seseorang di belakang saya yang menyerobot antrian. Reaksi saya adalah ....



Kerja keras dan cermat merupakan wujud upaya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi organisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, saya senang ....



Kemudahan akses informasi via intenet saat ini, menurut saya ....



Kemudahan akses informasi via intenet saat ini, menurut saya ....



Respon saya ketika dihadapkan dengan perubahan yang mendadak ....



Saya melakukan kesalahan dan itu berakibat buruk pada semuanya. Sikap saya ketika menghadapi hal tersebut ....



Dalam situasi terjadi perdebatan karena perbedaan pendapat, biasanya saya ....



Bagaimana reaksi Anda menyikapi aksi-aksi kekerasan yang sering terjadi di jalanan?



Anda ditunjuk sebagai pemimpin sebuah rapat. Ada anggota rapat yang selalu menyela anda ketika presentasi berjalan. Sikap anda....



Jika atasan saya memberikan pendapat dan masukan kepada saya maka....



Teman sekantor saya mengalami musibah, disaat yang sama ada pekerjaan penting yang harus diselesaikan, saya....



Dalam suatu kelompok kerja, biasanya anggota kelompok terdiri dari berbagai latar belakang budaya, dan saya merasa....



Anda baru saja mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan di mana mayontas karyawannya berlawanan jenis kelamin dengan Anda. Suatu hari atasan Anda menemui Anda dan mengatakan bahwa kehadiran Anda membuat banyak karyawan susah fokus dalam bekerja karena mereka lebih banyak memperhatikan diri Anda dibanding pekerjaan mereka sendiri. Atasan Anda kemudian mengisyaratkan agar Anda melakukan sesuatu untuk mengatasi permasalahan tesebut. Apa yang akan Anda lakukan?



Kalau kamu jadi ketua RT, terus ada tetangga perumahan baru nikah setahun istrinya WNA, suka berjermur di depan rumah, nah, para warga terganggu sama sikap si WNA, akhirnya kamu bilang ke suaminya si WNA, kalau para warga gak nyaman dengan sikap istrinya yang suka berjemur di depan rumah itu, nah sekarang si WNA sudah gak pernah lagi berjemur di depan rumah, tapi warga tetap gak nyaman, kamu sebagai ketua RT apa yang akan kamu lakukan ....



Ketika anda makan, disebelah anda ada orang yang bau badan, bagaiamana sikap anda ...?



Anda ditugaskan di daerah yang punya kebudayaan berbeda dengan anda, teman satu tim juga punya latar belakang yang berbeda dengan anda. Lalu sikap anda?



Roni Wahyudi
Roni Wahyudi Menulis adalah cara terbaik untuk mengingat dan di ingat.

Post a Comment