Soal Uji Kompetensi CASN v.0.3

Table of Contents

Soal latihan ini terdiri 3 bagian:
  1. Kompetensi Teknis (no. 1 s.d 40).
  2. Kompetensi Manajerial (no. 41 s.d 80).
  3. Kompetensi Sosio Kultural (no. 81 s.d 90).

Guru mengadakan penilaian yang mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan mencakup semua aspek kompetensi baik afektif kognitif dan psikomotorik itu adalah prinsip penilaian...



Hasil pengolahan nilai Bahasa inggris oleh Pak Rudi menampilkan bahwa dari 32 siswa kelas 7, ternyata 28 siswa memperoleh nilai di atas atau mencapai KKM dan 4 siswa mendapat nilai dibawah KKM yang ditetapkan. KKM yang di tetapkan untuk pelajaran Bahasa inggris adalah 70. Dari ilustrasi diatas penilaian yang demikian disebut penilaian?



Dalam memberikan nilai pada penilaian harian, Pak Aan Guru bahasa Jawa melakukan pengkategorian. Siswa yang skor tesnya dibawah 40 maka mendapat nilai 70, skor antara 40 sampai 50 mendapat nilai 80 dan skor diatas 50 maka diberikan nilai 90. Dari ilustrasi diatas penilaian yang demikian disebut penilaian?



Langkah langkah menulis soal tes uraian sebagai berikut kecuali....?



Pernyataan yang betul untuk tes formatif adalah...?



Perhatikan tabel dibawah ini.

KD Praktik Produk Proyek Porto folio Nilai akhir
4.1 87 P
4.2 66 75 Q
4.3 92 R
4.4 75 82 S
Nilai P, Q, R, S berturut turut adalah...?


Berikut adalah tugas dan kewenangan satuan pendidikan dalam penilaian hasil belajar peserta didik kecuali....?



Karakteristik silabus pada implementasi penyempurnaan kurikulum 2013 adalah...?



Perkembangan teknologi memungkinkan pembelajaran tidak lagi dilakukan tatap muka di dalam kelas akan tetapi juga bisa dilakukan secara virtual atau jarak jauh dengan prinsip prinsip pembelajaran berbasis teknologi. Pembelajaran model ini berbasis web dan bisa di akses menggunakan jaringan internet dimanapun dan kapanpun siswa berada. Pembelajaran yang demikian disebut pembelajaran...?



Seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran mempersiapkan perangkat pembelajaran . setelah menyusun indikator pembelajaran lalu menyusun tujuan pembelajaran. Hal ini termuat dalam....?



Silabus dan RPP adalah pedoman bagi guru dalam melaksankan pembelajaran yang berupa rencana pembelajaran. Perbedaan antara silabus dan RPP(rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah ...?



Dari hasil penilaian guru diperoleh beberapa siswa mencapai kriteria ketuntasan belajar dan ada juga yang belum mencapai kriteria ketuntasan belajar. Dari hasil oleh nilai tersebut dapat dijadikan sebagai bahan guru untuk melakukan tindak lanjut pembelajaran. Yang merupakan pemanfaatan hasil penilaian guru adalah sebagai berikut ini, kecuali ...?



Pada sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tertulis contoh rumusan indikator kompetensi “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras”, jika pendidik ingin menyusun menjadi tujuan pembelajaran maka rumusan yang tepat adalah....?



Guru setelah pembelajaran langsung memberikan penilaian praktik terhadap siswa dan mengumumkan hasilnya untuk siswa. Bagaimana pendapat anda tentang hal ini...?



Dalam menentukan jumlah alokasi waktu pada Kompentensi dasar Bu Dina selalu memperhatikan aspek aspek dibawah ini kecuali....?



Penentuan alokasi waktu pada silabus berdasarkan....?



Jika pada silabus terdapat diksi “ memecahkan masalah sampah” hal itu terdapat pada komponen....?



Kumpulan tugas siswa yang akan dijadikan bahan untuk menyusun laporan hasil belajar kepada orang tua di sebut penilaian...?



Perhatikan teknik teknik penilaian berikut! 1. Observasi 2. Pertanyaan langsung 3. Laporan tertulis 4. Laporan diri 5. Tes tertulis Teknik penilaian sikap yang tepat adalah...?



Penilaian yang tepat untuk mengukur kemampuan siswa dalam membuat produk produk teknologi dan seni seperti makanan , pakaian, hasil karya seni (patung, lukisan, gambar) adalah....?



Dalam menyusun instrumen penilaian tertulis harus memperhatikan hal hal sebagai berikut kecuali...?



Dalam melakukan penilaian harian guru membagi kelas kedalam 2 kelompok, kelompok pertama mengerjakan no 1- 10 sedangkan kelompok kedua mengerjakan nomor soal 11-20. Hal ini bertentangan dengan prinsip penilaian...?



Pak Slamet adalah guru IPA yang berasal dari Jawa. Beliau di tugaskan dikalimantan. Dia selalu memberikan tambahan nilai untuk Siti karena siti juga berasal dari Jawa. Hal ini bertentangan dengan prinsip penilaian ...?



Salah satu orang tua peserta didik yaitu Pak Dadang mendatangi sekolah untuk melakukan klarifikasi terkait nilai anaknya yang tidak sesuai harapan. Pasalnya anak dari Pak dadang terkenal sebagai anak yang cerdas sejak kecil namun nilai yang diperoleh tidak baik. Sambil marah marah Pak dadang mendatangi bu lina sebagai wali kelasnya. Kemudian bu lina sebagai wali kelas menunjukan semua data perolehan nilai dari siswa tersebut. Dan setelah melihat dengan mata kepala sendiri baru pak dadang memahami dan meminta maaf kepada Bu Lina. Dengan demikian bu Lina telah menerapkan prinsip penilaian...?



Peran satuan pendidikan dalam pelaksanaan literasi di sekolah adalah sebagai berikut kecuali....?



Perilaku yang dapat diukur untuk menujukan ketercapain kompetensi dasartertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran adalah...?



Setiap guru pasti akan menghadapi permasalah di kelas saat pembelajaran. Maka dari itu sudah seharusnya setiap guru mempu memecahkan permasalah pembelajaran yang terjadi dikelas Salah satu cara paling tepat yang dapat dilakukan guru dalam menghadapi permasalah pembelajaran yang terjadi adalah ....?



Salah satu tahapan dalam siklum PTK adalah menyusun langkah yang akan dilakukan untuk mengatasi permasalah yang di hadapi pada pembelajaran. Hal tersebut mencakup segala hal yang diperlukan pada pelaksanaan PTK. Mulai dari materi ajar, rencana pengajaran, metode atau teknik mengajar, serta instrumen observasi. Tahapan ini adalah...?



Seorang guru sebelum melaksanakan pembelajaran mempersiapkan perangkat pembelajaran. Setelah menyusun indikator pembelajaran untuk KD tertentu. Selanjutnya menyusun tujuan pembelajaran. Hal ini termuat dalam....?



Perhatikan langkah langkah dibawah ini 1. Indikator di turunkan dari kompetensi dasar 2. Menggunakan kata kerja operasional 3. Menggunakan kalimat bahasa yang jelas, dan dapat dipahami serta tak bermakna ganda 4. Mampu mengembangkan lebih dari tingkatan C4 atau analisis 5. Masing masing indikator harus mencakup ranah afektif, kognitif dan psikomotorik Yang merupakan ketentuan dalam menyusun indikator pencapaian kompetensi adalah kecuali...?



Perhatikan Tabel berikut!

No Mata Pelajaran Semester I Semester 2
Pengetahuan Keterampilan Pengetahuan Keterampilan
Kelompok A
1 PAI 80 75 82 75
2 PKn 70 80 72 80
3 B. Indo 72 82 72 82
4 Mat Wjb 65 70 68 70
5 Sej. Indo 68 75 80 75
Kelompok B
6 Seni 85 85 85 85
7 PJOK 85 80 85 80
8 PKWU 80 80 80 80
9 Mat Pem 65 60 68 80
10 Fisika 68 70 73 70
11 Kimia 70 68 70 80
12 Biologi 72 80 72 80
13 Geografi 70 83 70 83

Tabel diatas adalah nilai Doni. Nilai sikap Doni B. Jika kriteria ketuntasan belajar minimal 70. Maka kesimpulan yang diperoleh adalah...?


Kesempatan untuk menempuh pendidikan lanjut tidak mudah didapatkan. Seandainya Anda mendapatkan kesempatan itu, apakah yang Anda nilai sebagai yang paling penting?



Pada sekolah tempat Anda bekerja Anda sering berinteraksi dengan rekan guru lainnya. Suatu ketika salah satu rekan guru Anda menjadi topik perbincangan antara guru – guru Lain di sekolah tersebut karena guru tersebut tidak memberikan nilai yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa. Menyikapi hal tersebut apa yang akan anda lakukan pada rekan Anda?



Siswa – siswi peserta olimpiade sains nasional (OSN) dari sekolah Anda gagal meraih skor tinggi dalam uji coba OSN. Sebagai pendamping OSN, apa yang Anda lakukan?



Tetangga Anda memiliki anak yang menyandang penyakit genetik (kakinya cacat sebelah) sehingga jalannya agak pincang. Ketika menginjak usia SMP anak itu mulai tidak percaya diri karena tidak kuat dibully temannya. Tragisnya anak tersebut tidak naik kelas, sehingga mogok tidak mau melanjutkan sekolah. Meskipun Anda bukan guru dari anak tersebut, apa yang Anda lakukan?



Seringkali dalam bekerja tim, kelompok memilih pandangan yang bertentangan dengan pendapat Anda. Pernyataan yang paling menggambarkan reaksi Anda adalah...?



Saat terjadi tindakan asusila di sekolah antara guru dan siswa, apa yang perlu Anda lakukan?



Dalam diskusi kelompok, saya biasanya dikena sebagai individu yang...?



Pada acara tiraktan untuk memperingati hari kemerdekaan RI, Anda menjadi narasumber di sebuah forum tirakatan warga. Jika Anda diberi kebebasan untuk memilih tema yang diuraikan pada acara tersebut, maka Anda akan memilih tema apa?



Terdapat lima kriteria penialian teman sejawat yaitu kejujuaran, kedisiplinan, integritas, tanggungjawab, dan penampilan. Agar penilaian kepada teman sejawat yang Anda lakukan objektif maka yang dilakukan adalah...?



Di kantor anda, anda menemukan beberapa inventaris kantor yang rusak dan hanya anda yang mengetahuinya. Bagaimana sikap anda?



Demi kelancaran acara esok hari, divisi saya diminta kerja lembur, padahal saya sudah berjanji untuk mengantar ibu saya ke dokter. Yang seharusnya saya lakukan adalah....?



Saat anda dituduh dan dimarahi oleh atasan sedangkan hal tersebut tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, yang akan anda lakukan adalah ...?



Pada saat saya sedang menuju ke arah kantor dengan motor, terlihat atasan saya yang sedang berjalan kaki. Hal yang akan saya lakukan adalah ...?



Untuk mencapai tujuan kelompok yang telah ditetapkan, maka sebagai pemimpin saya...?



Dalam kaitannya dengan perubahan, saya dinilai sebagai seorang yang ...?



Dilan adalah ketua organisasi yang baru dilantik. Dia belum lama bergabung dengan organisasi, namun karena dia luwes dan mudah bergaul akhirnya dia menjadi ketua. Ternyata setelah menjadi ketua sikapnya berubah menjadi cenderung kaku dan keputusan yang dibuat susah untuk diubah. Jika anda menjadi anggota organisasi tersebut, apa yang akan anda lakukan...?



Ketika saya menjadi panitia kegiatan sekolah, saya akan menggalang dana dengan cara...?



Jika jadwal yang bisasa anda lakukan diubah, apa yang akan anda lakukan...?



Apakah anda bersedia untuk memperdebatkan sesuatu , padahal kelompok anda jelas-jelas tidak menyetujuinya?



Anda sedang mengemudi kendaraan, tiba-liba handphone anda berdering, apa yang anda lakukan?



Menurut anda, kemampuan bekerja yang tinggi diperlukan ketika...?



Ketika anda diminta saran oleh teman yang sudah berhasil dalam usahanya, anda akan menyarankan agar...?



Suatu hal saya mendapatkan tugas yang sepele, sikap saya....?



Dalam proses pengambilan keputusan, saya suka...?



Milea dan ketiga rekannya diberi tugas mendadak dan atasan dan harus diselesaikan pada waktu dua hari. Pada saat deadline, ia sebenamya sudah bisa mengumpulkan pekerjaannya kepada atasan karena sudah selesai, namun ternyata ketiga rekannya yang lain belum menyelesaikan tugasnya sehingga membaut Milea ragu untuk mengumpulkan tugasnya. Apa yang harus Milea lakukan....?



Suatu hari atasan anda harus meninggalkan kantor lebih awal karena ada urusan mendadak dan anda diminta untuk mengawasi pegawai yang lain karena atasan anda mendapat laporan bahwa banyak karyawan yang sering terlambat dan pulang kantor lebih cepat. Saat atasan anda pergi ternyata anda menemukan dua pegawai yang datang terlambat dan liga orang pulang lebih awal. Apa yang anda lakukan untuk mengatasi pegawai yang tidak disiplin tersebut...?



Terkait pada suatu kesanggupan melakukan hal tertentu pada umumnya saya akan...?



Anda dan tim diberikan tugas baru oleh pimpinan, namun semua anggota tim belum memahami maksud dan cara mengerjakan tugas baru tersebut. Sikap anda...?



Respon saya ketika dihadapkan dengan perubahan yang mendadak adalah ...?



Suatu ketika karena ada masalah yang terjadi dirumah, anda masuk kerja dengan suasana hati yang kurang baik. Apa yang akan anda lakukan selanjutnya...?



Anda adalah seorang anggota dari sebuah organisasi yang memiliki aturan bahwa setiap anggotanya dilarang untuk menggunakan fasilitas organisasi tanpa izin. Suatu ketika karena suatu alasan anda melanggar peraturan tersebut dan mendapat teguran. Sikap anda adalah...?



Manusia tidak luput dari kesalahan. Suatu waktu, anda di dalam tim terlibat dalam kasus penyalahgunaan anggaran yang sebenamya tidak diketahui oleh siapa pun, termasuk pimpinan tim. Apa yang harus tim anda lakukan?



Apakah anda menunjukkan inisiatif dan berusaha untuk mengejar prestasi kinerja?



Tahun ini saya lulus dari salah satu Universitas ternama di Sumatera Utara dengan predikat IPK yang sangat memuaskan. Hal ini membuat saya semangat karena dengan prestasi seperti ini mudah-mudahan mudah bagi saya untuk diterima di perusahaan yang saya inginkan. Setelah melamar kesana kemari, akhirnya ada beberapa perusahaan yang memberikan kesempatan bagi saya untuk wawancara. Hasil dari wawancara, anda diterima sebagai salah satu karyawan di perusahaan namun masih dalam batas magang. Anda dapat menerima hal itu karena mungkin perusahaan ingin melihat bagaimana kinerja anda. Namun yang membuat anda sedikit keberatan adalah penempatan kerja yang diberikan sangat jauh dari ekspektasi anda. Penempatan anda sangat jauh dari dunia yang anda bayangkan. Bagaimana sikap anda...?



Seperti hari hari sebelumnya, pagi ini anda selalu sibuk dengan rutinitas pekerjaan anda sebagai seoran Security pada sebuah Bank pemenntah. Ketika anda sedang asyik bekerja, datanglah hanya seorang ibu tua yang ingin menanyakan prosedur pentransferan uang untuk uang Kuliah anaknya yang jauh di luar kota. Setelahanda menjelaskan panjang lebar dengan bahasa yang mudah dimengerti beberapa kali kepada sang ibu namun ternyata ibu tersebut tampak sangat kebingungan dan mengatakan bahwa dia tidak mengerti sama sekali dengan prosedur yang anda jelaskan, bagaimana sikap anda...?



Hari ini selesai istirahat makan, anda memiliki jadwal rapat dengan atasan dan perwakilan divisi divisi yang lain tentang peningkatan kuantitas jumlah pembelian produk yang perusahaan anda jual. setelan anda mengemukakan ide dan gagasan anda, perwakilan divisi lain ada yang ingin membenkankritik dan saran ide yang anda kemukakan. Dan ternyata kritikan perwakilan divisi lain tersebutsangat rasional, bahwa ide yang anda kemukakan sangat berisiko tinggi tidak berjalan efektif, sikap anda...?



Saya berdomisili di desa, dimana sarana dan prasarana sangat terbatas disini. Faktor penempatan pekerjaan memang harus saya terima dan saya siasati supaya saya dapat nikmati. Namun, akhir akhir ini sering tenjadi pemadaman listnk mendadak yang sering sekali membuat pekerjaan saya terkendala, maka...?



Anda merupakan seorang karyawan pada sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang transportasi. Siang ini akan di adakan sebuah diskusi singkat dengan pimpinan perusahaan. Semua karyawan diminta untuk memberikan usulan terkait peningkatan kualitas pelayanan terhadap pelanggan kedepannya agar banyak dari customer yang memakai jasa perusahaan anda, sikap anda ...?



Dengan naiknya biaya hidup dan harga barang yang serba mahal dan sulitnya lapangan pekerjaan membuat masyarakat merasa terjepit masalah perekonomian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Begitupun dengan anda sendiri yang hanya merupakan seorang karyawan perusahaan swasta dengan gaji yang sangat pas pasan setiap bulannya. Teman teman anda yang lain juga sering merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Banyak dari teman teman anda yang meminjam uang di aplikasi online dengan bunga yang tidak sedikit ditambah lagi jika melakukan pembayaran melebih tempo yang sudah ditentukan, mengakibatkan besar bunga bisa melebihi pinjaman, sikap anda jika dihadapkan pada permasalahan diatas adalah ...?



Di kantor saya terkenal sebagai karyawan yang sering memberikan bantuan terhadap sesama rekan kerja dalam berbagai permasalahan yang mereka hadapi. Biasanya hal apa yang akan anda lakukan Saat rekan kerja anda membutuhkan bantuan anda?



Pagi ini anda meminta bawahan anda untuk melakukan tinjauan ke lokasi proyek yang kebetulan dibawah tanggung jawab anda. Namun lagi-lagi bawahan anda tersebut mengingkari janjinya untuk melakukan tinjuan ke lokasi dengan berbagai alasan yang anda rasa kurang masuk akal. Sedangkan ini merupakan pekerjaan yang sangat penting demi menjaga nama baik perusahaan dan kepercayaan pemakai jasa perusahaan anda. sikap anda adalah ...?



Sebagai peserta lomba dalam HUT perusahaan di tempat saya bekerja, yang diikuti oleh semua kolega perusahaan, maka saya akan ...?



Menurut saya, orang yang membuang kesempatan adalah orang yang …?



Seandainya Anda mendapatkan kepercayaan dari pimpinan yang Anda tahu akan memecah belah kerjasama kelompok yang telah terbentuk. Ketika menghadapi situasi seperti itu, sikap Anda ...?



Saya melakukan kesalahan dan itu berakibat buruk pada semuanya. Sikap saya ketika menghadapi hal tersebut …?



Ketika saya merasa dikhianati oleh teman baik saya, saya …?



Fulan, teman kantor Anda harus menyelesaikan laporan yang sangat penting dan berkaitan dengan pengambilan keputusan mengenai shift untuk satu bulan ke depan pada hari ini. Padahal 10 menit lagi jam kantor akan berakhir. Ketika menghadapi situasi seperti si Fulan, yang akan saya lakukan adalah …?



Pada waktu bangun tidur, saya sering merasa …?



Jika rencana saya melakukan inovasi pekerjaan ditentang oleh rekan kerja saya, maka …?



Teman kantor saya memberikan saya hadiah ulang tahun yang saya tidak sukai, sikap saya...?



Akhir-akhir ini banyak tayangan di televisi yang isinya kurang mendidik. Melihat fenomena tersebut menurut saya...?



Ketika sedang santai dirumah, saya melihat seorang ibu yang sepeda motomya macet, sedangkan bengkel terdekat berjarak 100 meter dari rumah, yang akan saya lakukan adalah...?



Ketika anda hendak berangkat ke kantor, anda melewati jalan raya dan anda melihat banyak orang membuang sampah di dekat tempat pembuangan sampah dan sampah tersebut berserahkan dipinggir jalan yang mengganggu pandangan dan jalannya kendaraan. Apakah yang akan anda lakukan melihat keadaan tersebut?



Ketika saya sedang naik motor di jalan mendekati kampus tempat saya kuliah dulu, saya melihat salah seorang dosen saya yang dulu terkenal sangat galak sedang jalan kaki. Saya akan …?



Ada pegawai baru yang bersikap tidak sopan terhadap Anda. Sikap Anda adalah …?



Hubungan dengan rekan kerja yang baik dapat tercermin dalam bentuk seperti apa?



Bagaimana reaksi Anda menyikapi aksi-aksi kekerasan yang sering terjadi di jalanan?



Siang ini anda menerima panggilan untuk proses rekrutment pada sebuah perusahaan. Ketika anda berangkat untuk mengikuti rekrutment tersebut di tengah perjalanan anda melihat kerumunan orang di pinggir jalan dan ternyata telah terjadi kecelakaan dengan korban tabrak lari, sedangkan anda harus sesegera mungkin sampai diperusahaan untuk memulai seleksi, maka sikap anda adalah ...?



Malam ini anda bersama anggota keluarga berkumpul untuk makan bersama. Salah satu di antaranya menggunakan gawai untuk menjelajahi teknologi informasi pada gawai nya, seperti whatsap, line, twitter, instagram. Sikap anda terhadap ilustrasi diatas adalah ...?



Roni Wahyudi
Roni Wahyudi Menulis adalah cara terbaik untuk mengingat dan di ingat.

Post a Comment