Soal Uji Kompetensi CASN v.0.6

Table of Contents

Soal latihan ini terdiri 3 bagian:
  1. Kompetensi Teknis (no. 1 s.d 40)
  2. Kompetensi Manajerial (no. 41 s.d 80)
  3. Kompetensi Sosio Kultural (no. 81 s.d 90)

Salah satu indikator pembelajaran adalah menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis. Untuk mencapai indikator tersebut, Bu Dina melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Kegiatan mengkomunikasikan tentang perbedaan tumbuhan yang diletakkan di tempat gelap dan terang dalam diskusi kelas yang paling efektif adalah…?



Peristiwa kejahatan yang terjadi di masyarakat mengenai keterlibatan siswa usia sekolah dasar baik sebagai pelaku. Hal itu menjadi suatu hal yang perlu mendapatkan perhatian khusus bagi masyarakat pendidikan. Sebagai guru maka dalam menyikapi hal tersebut harus memiliki prinsip kebenaran yang …?



Dalam pengembangan pembelajaran, sebaiknya guru dapat memahami karakteristik anak.

Dibawah ini adalah salah satu dari karakteristik siswa SD, yaitu...?



Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui, memahami, mengaplikasi, menyelidiki dan menginformasikan suatu hal secara jelas. Pada penilaian proyek, hal yang perlu dipertimbangkan adalah …?



Pencapaian aspek keterampilan dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh hal-hal sebagai berikut …?



Modal pembalajaran berbasis masalah dapat digunakan dalam pelajaran untuk mencapai pembelajaran yang efektif berpusat pada peserta didik. Salah satu ciri pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sebagai fasilitator. Salah satu tujuan tugas fasilitator adalah…?



Dalam menggunakan media pembelajaran , maka berikut ini yang tidak perlu diperhatikan adalah …?



Guru menggunakan metode kontektual sebagai salah satu syarat agar pelajaran tertentu memiliki kekuatan bahwa materi kajiannya meaningfull berarti…?



Pada saat peserta didik melakukan ekperimen atau ekplorasi, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis. Data dapat diperoleh melalui membaca literature, mengamati objek, wawancara dengan nara sumber, melakukan uji coba sendiri dan sebagainya. Langkah terakhir, peserta didik menggeneralisasi atau menarik kesimpulan. Kegiatan diatas merupakan langkah pembelajaran...?



Anda memeriksa hasil laporan praktik siswa dan menemukan cukup banyak kesalahan yang ada pada tulisan siswa. Kalimat santun yang layak disampaikan terkait dengan penyempurnaan laporan tersebut adalah …?



Kemampuan untuk mencipatakan, memiliki daya cipta atau mampu menciptakan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun alat yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan sikap kreatif guru ketika menyampaikan ilmu kepada siswa. Model yang sesuai dengan sikap kreatif memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar adalah...?



Guru banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara Anda menyelesaikannya??



Anda ditugaskan di sekolah kurang maju yang ditandai oleh kegiatan belajar mengajar tidak optimal, media dan sumber belajar yang minim. Serta kemandirian belajar siswa yang rendah. Apa upaya Anda untuk menghadapi keadaan tersebut?



Pak Parjo adalah guru olah raga, pagi ini dia mengajarkan kepada peserta didiknya dengan memberikan contoh teknik melempar bola basket ke ring. Setelah itu Guru pjok menutup pembelajaran dengan meminta siswa untuk melempar bola basket ke arah ring dari jarak tertentu. Hal tersebut merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang mengukur ...?



Bu Dina adalah guru prakarya. Hari ini dia mengajar bagaimana cara menjahit saku baju agar pekerjaannya rapih. Dia menjelaskan dipapan tulis teknik pemotongan kain sesuai pola sampai prosedur penjahitan saku. Hal tersebut merupakan bentuk kegiatan pembelajaran yang mengukur ...?



Berikut ini yang termasuk dari prota adalah...?



Kegunaan kaldik adalah...?



Di kelas V terdapat 28 siswa yang sedang mengikuti penilaian harian Matematika. Banyak soal 30 nomor dengan standar ketuntasan 60. Berdasarkan hasil pengolahan diperoleh 20 siswa menjawab 10 soal benar. 4 siswa menjawab 10 soal lainnya benar. Dan 4 menjawab 10 soal salah. Tindakanmu sebagai guru.?



Siswa mengalami tingkat kepercayaan diri rendah. Umpan balik yg dilakukan guru adalah...?



Yang bukan untuk mengukur keterampilan nyata peserta didik adalah...?



Dalam prosedur penilaian pengetahuan, penilaian pengetahuan dapat dilakukan tanpa direncanakan. Pandangan anda sebagai guru terhadap pernyataan ini adalah...?



Deskripsi tetang ranah sikap, pengetahuan, keterampilan yg harus dipelajari untuk dikuasai peserta didik pada suatu tingkat atau jenjang sekolah, kelas, mata pelajaran tertentu terdapat pada komponen silabus...?



Guru mengamati kerucut edgar dale menurud anda apa yang seharusnya guru lakukan untuk memperbaiki pembelajaran setelah mengamati kerucut tersebut...?



Berikut ini yang bukan kriteria penilaian essay adalah Kecuali...?



Penilaian harus mampu menyimpulkan apakah peserta didik telah mencapai kompetensi yang ditetapkan atau belum. Hal ini sejalan dengan prinsip penilaian...?



Ketidakmampuan seseorang peserta didik yang mengacu kepada gejala dimana peserta didik tidak mampu belajar sehingga hasil belajarnya di bawah potensi intelektualnya dinamakan kesulitan belajar ...?



Pak Rudi ingin menilai siswanya untuk melihat hasil kerja siswa maka siswa diminta membuat jus buah dari buah-buahan sekitar. Pilihan model penilaian yang cocok adalah...?



Bu andri adalah guru kelas 5, memberikan penilaian sikap B pada budi, bu dini guru pai kelas 5 memberikan nilai A pada budi, dan bu retno guru b.inggris memberikan nilai C pada budi. Dari penilaian diatas manakah pernyataan dibawah ini yang paling tepat??



Pak doni adalah guru PPKn. Dalam memberikan penilaian pada siswa dia tidak sesuai dengan prinsip prinsip penilaian. Anton yang ponakan sendiri tidak pintar diberi nilai 90, sedangkan yg pintar diberi nilai 80 itu melanggar prinsip penilaian yaitu ...?



Pak Reno sedang melaksanakan proses pembelajaran dimana Siswa disuruh mengolah buah segar untuk dijadikan minuman itu model pembelajaran yang tepat adalah...?



Dari hasil pengolahan nilai bahasa inggris oleh bu Ani di peroleh data 4 Kompetensi dasar pada semester itu, dari 28 Siswa ada 4 siswa yang lulus KD1, dan 4 Tidak lulus di KD 2, tindakan yang harus kita lakukan adalah...?



Salah satu persyaratan menjadi guru adalah memiliki kompetensi akademik S1/D4. Seorang guru teman sejawat anda di sebuah SMA swasta di Surabaya tidak memiliki salah satu persyaratan wajib yang diharuskan undang-undang tapi sudah aktif mengajar, maka yang anda lakukan adalah...?



Tidakan mana yang anda pilih ketika ada seorang peserta didik mengalami kesulitan?



Anda diterima sebagai guru SMA swasta yang ada di Surabaya, sedangkan tempat tinggal anda di kota lain yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam untuk sampai di sekolah. Anda mengajar di sekolah tersebut selama enam hari kerja. Selain itu, anda juga diminta pihak sekolah untuk mengerjakan tugas administrasi di luar jam kerja, yang akan anda lakukan adalah…?



Ketika bekerja bersama dengan rekan guru, anda akan…?



Seorang guru yang Pembina marching band melakukakan seleksi mayoret. Dimasa seleksi itu, guru mendapatkan pesan dari salah satu wali murid kaya bahwa jika putrinya dipilih menjadi mayoret maka sang wali murid akan mensponsori kegiatan marching band saat mengikuti kejuaraan. Tanggapan guru…?



Pada akhir pembelajaran guru memberikan soal berikut. Perhatikan barisan bilangan 3,7,11,15,19,23 dst Apakah bilangan 97 ada pada barisan bilangan tersebut? Soal diatas tepat untuk mengukur kemampuan…?



Kondisi kelas ibu tiur selalu tenang, anak-anak tidak gaduh tetapi juga tidak ada yang mau bertanya ataupun menyampaikan pendapat. Ibu Tiur merasa kurang berhasil dalam mengajar. Pertemuan berikutnya, Ibu Tiur menerapkan satu model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk bertanya atau berpendapat. Model tutor sebaya dipilih untuk mengatasi kondisi tersebut, sekaligus melakukan PTK. Cara mengukur peningkatan kemampuan bertanya pada PTK Ibu Tiur adalah…?



Ibu dewi akan mengajar materi “mengenal lingkungan sekolah”. Beliau mengajar siswanya keluar ruangan kemudian berkeliling keruang-ruang kelas, UKS, Laboratorium, dan mengamati kebun dibelakang sekolah. Setelah kira-kira 45 menit, anak-anak diajak masuk kembali ke dalam kelas. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan siswa adalah...?



Perhatikan wacara berikut. Pada suatu kegiatan pembelajaran, guru menggunakan table perkalian 0x0 s.d 10x10. Kemudian siswa diminta mengamati semua hasil perkalian dengan 0 dan 1 sehingga siswa dapat menyimpulakan bahwa perkalian suatu bilangan dengan 0 hasilnya selalu 0, dan perkalian suatu bilangan dengan 1 hasilnya adalah bilangan itu sendiri. Dengan menggunakan kalkulator untuk menghitung perkalian bilangan besar dan dengan disertai bimbingan guru siswa terus menggali sifat-sifat perkalian lainnya sehingga ditemukan sifat komutatif dan asosiatif. Bahan ajar yang dilibatkan dalam pembelajaran diatas, tepat untuk pembelajaran yang bersifat…?



Kadangkala saya merasa lapar ketika jam kerja, maka yang saya lakukan adalah ...?



Ketika sedang diminta pimpinan untuk bekerja lembur, tiba-tiba ada telepon dan rumah memberi tahu bahwa anak sedang sakit, sikap kita...?



Karena lembur kerja kemarin, siang ini saya merasa Sangat mengantuk, kerjaan tidak ada yang selesai karena tidak fokus, sebaiknya saya ...?



Saat ulang tahun pimpinan kantor, teman-teman seruangan berencana memberikan pesta kejutan, tapi kekurangan dana maka kami mengambil dana pembiayaan rapat, mengenai hal ini ...?



45?



Target kerja dan beban kerja yang tinggi menurut saya adalah ...?



Ditengah proyek besar dan membutuhkan tanggung jawab besar saya mengalami kegagalan besar yang Sangat mengancam karir saya, sebaiknya saya ...?



Di kantor saya akan diadakan acara sarapan bersama, maka saya akan ...?



Ada tawaran beasiswa melanjutkan pendidikan di luar negeri, tapi anda telat mengumpulkan syarat pendaftaran sehingga tidak dapat mengikuti tes masuk, mengenai hal ini ...?



Jika ada waktu luang, selama akhir pekan saya biasanya...?



Pimpinan menginginkan agar berita-berita yang sedang hangat dibicarakan dibuat sebuah kumpulan berita agar memudahkan dibaca nantinya, maka sebaiknya ...?



Seringkali tenadi kelalaian ketika kita memesan makanan, pelayan tidak langsung memberitahukan bila makanan yang kita pesan tersebut sudah habis. Menurut anda sebagai pelanggan yang perlu ditanggulangi dan hal tersebut adalah ...?



Tetangga anda sakit dan tidak bisa mengantar anaknya berangkat ke sekolah. Maka yang anda lakukan adalah...?



Anda adalah pegawai pusat yang mendapatkan kanaikan jabatan dan ditempatkan di daerah terpencil. Maka anda akan ...?



Anda baru sadar dompet anda tertinggal padahal anda sudah berada di dalam angkutan umum, maka anda akan ...?



Ketika di dalam lift, anda hanya berdua dengan pejabat, maka anda akan ...?



Anda sedang ada janji dengan teman-teman anda, tapi teman-teman anda datang terlambat, maka sikap anda ...?



Suatu ketika rekan kerja anda banyak yang lembur, sementara anda sudah menyelesaikan pekerjaan, maka anda akan ...?



Anda adalah seorang Puteri Indonesia, suatu ketika anda akan mengikuti karantina Miss Universe, sedangkan masih banyak sekali beban pekenjaan kantor yang harus anda selesaikan, maka anda akan ...?



Rekan kerja anda dimarahi oleh atasan karena ada dokumen yang hilang. Maka yang anda lakukan adalah...?



Sebagai pegawai baru yang akan anda lakukan ...?



Peraturan baru mengubah sistem 3 shift menjadi 2 shift, terjadi perubahan waktu kerja.Kebetulan anda bekena sekaligus kuliah. Cara anda menyikap peraturan tersebut dengan ...?



Sebagai seorang artis papan atas, anda sedang menyelesaikan sinetron stripping dan sedang kejar tanyang, padahal anda sangat lelah dan ingin istirahat beberapa hari, maka sikap anda ...?



Hari ini anda kehujanan ketika pulang kantor, maka anda akan ...?



Suatu ketika anda ditugaskan di front office untuk melayani pelanggan, padahal sebelumnya anda tidak pernah bekerja di bagian tersebut, maka anda akan ...?



Bagaimana cara anda bekerja ... ?



Salah seorang rekan kerja dalam tim kerja anda merupakan seorang pegawai baru, maka anda ...?



Di kantor saya akan diadakan acara buka puasa bersama, maka saya akan ...?



Jika anak anda marah karena tidak belikan sebuah mainan yang dia inginkan, maka anda akan ...?



Sehari-hari, kita pasti selalu berinteraksi dengan orang lain. Jika saya berada di sekitar teman-teman saya, mereka menganggap saya sebagai orang yang...?



Yasmin adalah seorang pegawai di pemerintahan Hani ini adalah hari terakhir libur lebaran, sehingga Yasmin akan memanfaat waktu sebaik-baiknya untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan melakukan kegiatan yang selama ini tidak bisa ia kerjakan di jam kerja. Namun, Yasmin teringat akan tugas kantomya yang belum selesai. sebagai Yasmin, apa yang akan anda lakukan...?



Anda pulang kantor menaiki bus umum. Ketika di dalam bus, anda melihat aksi pencopet mengambil dompet Salah satu penumpang bus. Yang anda lakukan adalah...?



Bang Tompel adalah seorang sekuriti di sebuah perusahaan ternama di ibukota. Saat itu ia sedang bertugas seorang diri di pintu masuk perusahaan tersebut. tiba-tiba ada seorang bapak-bapak yang mencurigakan menanyakan keberadaan Bang Mamed, Salah sorang petinggi di perusahaan tempat Bang Tompel bekerja. Jika anda dalam posisi Bang Tompel, sikap anda??



Wak Ribut sudah diterima bekerja disebuah perusahaan internasional. Kantor tempatnya bekerja berada dekat dengan pusat perbelanjaan yang banyak terdapat restoran dan kafe yang terkenal dan juga menyediakan makanan-makanan yang lezat. Jika jam istrahat telah tiba, Wak Ribut dan teman-temannya sering sekali makan di restoran dan kafe-kafe tersebut. Namun, karena tempat makan tersebut selalu ramai, mereka sering kali terlambat untuk kembali ke kantor. Syukumya segala tugas yang diberikan atasan kepadanya selalu bisa diselesaikan dengan baik. Sebagai atasan Wak Ribut, apa yang anda lakukan??



Tetangga saya melakukan renovasi dirumahnya. Namun, ternyata tukang yang melakukan renovasi tersebut melakukan kesalahan dan merusak sebagian rumah anda, maka yang anda lakukan...?



Aldi baru diterima kerja di perusahaan yang di idam- idamkannya selama ini. Dia ingin menjadi karyawan yang disukai oleh semua orang, senhingga dia berusaha untuk dapat menjalin hubungan baik dengan sesama rekan kerja. Hal ini dapat tecermin dalam bentuk...?



Suatu han di daeran Anda diadakan musyawarah untuk menentukan hari kerja bakti membersihkan selokan di sekitar lingkungan anda. Ada yang usul han minggu dan ada yang usul han sabtu. Abang anda usul hari sabtu karena han minggu ada acara keluarga. Akan tetapi, usul Abang anda tidak diterima. Sebagian besar warga ingin hari minggu. Akhirnya kerja bakti diputuskan han minggu. Sikap anda ...?



Anda adalah penggiat sosial media dan pasti akan menggunakan internet dalam keseharian anda. Saat ini pengguna intemet semakin meningkat. Para generasi muda Indonesia menghadapi tantangan yang besar dalam menjaga persatuan Indonesia. Oleh karena itu, sebagai generasi muda bangsa Anda harus...?



Pak Wira berangkat ke kantor mengendarai mobil sport barunya, dia sedang terburu- buru. Pak Wira berhenti di perempatan jalan karena lampu pengatur lalu lintas menyala merah. Ketika lampu menyala hijau, ia siap menginjak gas mobilInya. Tiba- tiba ada pejalan kaki menyebrang tepat di zebracross depan mobilnya. Jika anda pak Wira, tindakan yang anda lakukan adalah...?



Di perusahaan saya ingin dikenal sebagai karyawan teladan yang petut dicontoh. Untuk mewujuckan cita-cita Saya fersebut saya harus melakukan hal-hal yang mendukung kinenja saya agar perusahaan menjadi lebih maju lagi. Perilaku yang saya hindari adalah...?



Saat lagi kerja datang temen dgn wajah cemberut mau curhat, maka anda...?



Suatu hari salah satu pemuda dari Desa Suka Senang diperas oleh beberapa orang pemuda dan Desa Suka Sedih. Qleh karena jumlah mereka sangat banyak, pemuda dari Desa Suka Senang, mengalah. Setelah itu, pemuda tersebut pulang dan menceritakan kejadian tersebut kepada pemuda lain dari desanya. Mendengar ceritta tersebut, para pemuda Desa Suka Senang tidak terima. Mereka pun membuat perhitungan dengan para pemuda Desa Suka Sedih. Konflik tersebut menyebabkan beberapa rumah dan Desa Suka Sedih hangus terbakar. Untuk menyelesaikan konflik tersebut, Anda sebagai pemimpin kedua daerah tersebut akan...?



Sebagai pemimpin, pertimbangan anda dalam memilih anggota tim adalah...?



Anda memiliki beberapa rumah yang disewakan. Salah satu orang yang menyewa rumah anda melaporkan jika rumah anda bocor. Maka yang akan anda lakukan adalah ...?



Anda berencana untuk mengambil sisa cuti tahunan. Namun, tiba-tiba rekan anda meminta anda agar membatalkan cutinya karena rekan anda ingin menjenguk keluarganya yang sakit di luar kota. Maka reaksi yang anda berikan pada kejadian tersebut adalah ...?



nda akan kedatangan rekan kerja anda dari luar kota. Dia berencana menginap di rumah anda. Maka yang akan anda lakukan adalah ...?



Saat sedang rapat bersama seluruh pegawai divisi tempat saya bekerja, saya biasanya memberikan masukan berupa pendapat tetapi beberapa teman saya juga memberikan pendapat, sikap saya akan hal ini ...?



Anda ditugaskan di daerah yang punya kebudayaan berbeda dengan anda, teman satu tim juga punya latar belakang yang berbeda dengan anda. Lalu sikap anda??



Anda ditugaskan di daerah yang kebudayaannya berbeda dengan anda. Di daerah tersebut ada budaya makan bareng-bareng di lapangan, dan anda diajak untuk mengikutinya, sementara anda adalah orang sangat memperhatikan higienilas. Sikap anda??



Suatu hari anda sedang makan diluar bersama rekan keija. Beberapa saat kemudian datang seorang anak gelandangan yang mengatakan ia lapar dan meminta uang alau sisa makanan. Sikap anda terhadap situasi ini??



Roni Wahyudi
Roni Wahyudi Menulis adalah cara terbaik untuk mengingat dan di ingat.

Post a Comment